Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Monday, September 10, 2018

Apa itu histerektomi ?

Didha blog - pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kalian untuk memahami penjelasan histerektomi

Histerektomi adalah pengambilan rahim atau uterus dengan cara pembedahan

Langkah ini diambil untuk wanita yang mengalami penyakit tertentu dan sudah melakukan pengobatan medis namun tidak ada perubahan kondisi ke yang lebih baik, secara pasti wanita yang sudah melakukan pengangkatan rahim atau histerektomi sudah tidak dapat lagi mengandung atau memiliki keturunan. Ada beberapa hal yang membuat wanita di berikan saran untuk histerektomi :
  • Menorrhagia atau menstruasi berlebihan. Selain darah menstruasi yang keluar berlebihan, gejala lainnya adalah kram dan sakit pada perut.
  • Endometriosis. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel yang melintang di rahim ditemukan di luar dinding rahim.
  • Penyakit radang panggul. Terinfeksinya sistem reproduksi oleh bakteri bisa menyebabkan penyakit ini. Sebenarnya penyakit radang panggul bisa diatasi dengan antibiotik, namun jika kondisinya telah parah atau infeksi sudah menyebar dibutuhkan tindakan histerektomi.
  • Fibroid atau tumor jinak yang tumbuh di area rahim.
  • Kekenduran rahim. Kekenduran ini terjadi ketika jaringan dan ligamen yang menopang rahim menjadi lemah. Gejalanya adalah nyeri punggung, urine bocor, sulit berhubungan seks, dan merasa ada sesuatu yang turun dari vagina.
  • Adenomiosis atau penebalan rahim. Kondisi ketika jaringan yang biasanya terbentang di rahim menebal ke dalam dinding otot rahim. Hal tersebut bisa membuat menstruasi terasa menyakitkan dan nyeri panggul.
  • Kanker kewanitaan (serviks, ovarium, tuba falopi, dan rahim).
Ada beberapa teknik histerektomi, sebelum melakukan dokter akan melakukan cek riwayat kesehatan pasien untuk menentukan penangan yang tepat, berikut jenis - jenis histerektomi :

Histerektomi radikal. Mereka yang menjalani prosedur ini akan kehilangan seluruh  sistem reproduksi seperti seluruh rahim dan serviks, tuba falopi, ovarium, bagian atas vagina, jaringan lemak dan kelenjar getah bening. Prosedur ini dilakukan pada mereka yang mengidap kanker.
Histerektomi total. Seluruh rahim dan serviks diangkat jika menjalani prosedur ini. Namun ada pula jenis histerektomi total bilateral saplingo-ooforektomi. Prosedur ini melibatkan pengangkatan tuba falopi dan ovarium.
Histerektomi subtotal. Prosedur ini hanya mengangkat rahim tanpa mengganggu serviks.

Harus Anda pahami bahwa setelah pengangkatan ovarium Anda akan mengalami gejala menopouse dini. Ada beberapa jenis operasi histerektomi, yaitu sebagai berikut :

Operasi tradisional. Prosedur ini kerap disebut operasi terbuka atau histerektomi perut karena ahli bedah akan menyayat bagian bawah perut untuk mengeluarkan rahim dan bagian lain yang perlu dikeluarkan.
Prosedur MIP. Ada dua teknik yang terkait dengan prosedur ini, yakni :
Histerektomi vaginal. Sebuah sayatan pada vagina dilakukan untuk mengeluarkan alat reproduksi Anda. Setelahnya, sayatan dijahit sehingga tidak meninggalkan bekas luka.
Histerektomi laparoskopi. Ahli bedah akan membuat sayatan kecil pada perut. Melalui sayatan itu, laparoskopi, sebuah tabung kecil dengan lampu dan kamera, serta alat-alat operasi dimasukkan. Laparoskopi akan memvisualisasikan keadaan di dalam tubuh melalui layar monitor sehingga ahli bedah bisa menjalani operasi dengan mudah.

Sekian artikel penjelasan serta pengertian bedah histerektomi, jangan lupa bookmark didha blog.

1 comment: