Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Wednesday, October 3, 2018

Apa itu sirosis ?

Didha blog - halo guest kali ini saya mau update artikel tentang pengertian sirosis, mungkin bagi sebagian orang bahasa sirosis cukup awam di telinga mereka namun tahukah anda jika sebagian orang masih tidak mengerti apa itu sirosis ?

Ok langsung aja kita ke pokok topik pembahasan, jadi yang perlu kalian garis bawahi adalah sirosis itu timbulnya jaringan parut pada hati yang terjadi karena kerusakan hati, penyakit ini berkembang secara perlahan, hal ini membuat jaringan sel yang sehat di gantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut dapat menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu bahkan terhenti.

Sirosis tidak dapat di sembuhkan bahkan dapat semakin menyebar dan perkembangannya pun bertahun tahun, pada kondisi yang umum penanganan medis pun hanya sebatas memperlambat sirosis, kondisi ini biasa di sebut gagal hati.

Gejala sirosis yang umum muncul adalah kehilangan selera makan, lelah yang berlebihan, mudah mengantuk, kulit dan putih mata menjadi kuning, pembengkakan pada pergelangan kaki dan endema, mual dan muntah, urine atau tinja bercampur darah.
Untuk pemeriksaannya bisa tes fisik, tes darah, pencitraan CT Scan, dan biopsi (pengambilan sampel jaringan hati)
Sirosis di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu virus hepatitis b dan c, minuman keras, dan beberapa aktivitas yang merusak hati.
Untuk pengobatan Sirosis tidak bisa disembuhkan. Pengobatan dilakukan untuk menghambat perkembangan penyebab dasar yang mengakibatkan munculnya sirosis sejak awal. Selain itu, pengobatan dilakukan untuk memperlambat kerusakan jaringan hati, serta menangani gejala dan juga komplikasi yang muncul akibat sirosis.
Misalnya, mengonsumsi obat antivirus untuk mengatasi hepatitis C akan membantu mencegah sirosis bertambah parah. Kemudian Anda akan diminta untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman keras, serta menurunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas.
Jaringan rusak akibat sirosis bisa menyebabkan fungsi hati berhenti jika sudah memasuki tahapan lanjutan. Pada kondisi ini, satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan transplantasi hati.

Ok guest itu tadi sedikit penjelasan sirosis, semoga artikel ini dapat di pahami dengan mudah dan jelas. Kalian bisa bookmark didha blog di browser kalian untuk cari seputar artikel kesehatan.

1 comment: