Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Jumat, 16 Mei 2014

Bahaya penggunaan antibiotik secara ngawur

Didha's blog™ - di balik marak penggunaan antibiotic secara asal asalan dan tidak sesuai saran dokter bisa membahayakan jiwa semua orang.bagai mana tidak,kurangnya informasi yang di miliki publik membuat si antibiotic ini di minum secara ngawur.
Padahal antibiotic tidak boleh di minum terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit karna dapat mempengaruhi resistensi dari bakteri tersebut alias kebal.jika ini terjadi tentu obat sekelas amocxilin tidak akan mampu membunuh patogen dalam tubuh.sebut saja contoh pinicilin yang sudah tinggal kenangan karna tidak mampu membunuh patogen lagi,padahal di era 60an obat ini begitu tersohor.pada tahun 70an resistensi patogent sudah ada namun tidak semenghawatirkan sekarang yang membutuhkan dosis hingga 1000ml/gramnya,tidak hanya dosis yang besar namun harganya bisa mencapai 3x lipat dari antibiotic biasa,namun jangan menganggap pasti sembuh karna itu bukan jaminan.
Bijak lah menggunakan antibiotic mulai dari sekarang,meskipun resisten patogent pasti terjadi namun setidaknya dapat menghabat evolusi patogent tersebut.ingatlah jika dosis mencapai lebih dari 1200 atau lebih ginjal dan hati lah taruhanya,bahkan operasi kecil pun dapat sangat berbahaya jika patogent sudah kebal terhadap antibiotic.
Ket : antibiotic adalah patogent yang di lemahkan jadi cara kerjanya tubuh dapat dapat mengenali virus,kuman dan bakteri tersebut sehingga saat penyakit menyerang tubuh memiliki pertahanan.
Patogent : bisa berarti virus,kuman dan bakteri.
Resisten : kebalnya patogent karna berevolusi.
Terima kasih atas kunjunganya semoga dapat menambah ilmu kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar