Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Sabtu, 23 September 2017

Pengertian SOP Keperawatan

Didha's blog - hello gaes, baru di dunia keperawatan dan medis ? Nah di dunia kedokteran maupun keperawatan ada istilah yang namanya SOP atau standar operasional prosedur. Mungkin kalian bertanya tanya apa sih sop keperawatan itu ? Jadi sop itu sama seperti namanya dengan maksut menyusun suatu alur prosedur (kronologis) dengan tujuan tepat pelaksanaan, tepat prosedur, tepat klien agar dapat menghasilkan efisiensi tindakan dan meminimalisir  kesalahan.

Namun dalam konteks umum sop dapat di jelaskan sebagai berikut :


Menurut Moekijat (2008), Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya. 

Menurut Tjipto Atmoko (2011), Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai denga fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. 
Oke itu beberapa penjelasan tentang SOP atau standar operasional prosedur dan semoga bisa membantu kawan kawan  yang selumnya belum tau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar