Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Thursday, December 21, 2017

Apa Itu Hipoksia ?

Didha blog - ok guest apa kalian pernah mendengar kalimat hipoksia ? Kali ini saya mau jelasin secara mendasar apa pengertian hipoksia. Kalo kalian pernah dengar ada orang bilanghipoksia janin, hipoksia serebral, hipoksia sekunder, itu adalah jenis dari hopoksia tetapi pada dasarnya hipoksia semua sama. Yaitu berikut penjelasannya.
Pengertian hipoksia, penjelasan hipoksia, penyebab hipoksia,
Pengertian hipoksia

Pengertian hipoksia:
Hipoksia adalah suatu kondisi dimana jaringan tubuh mengalami kekurangan oksigen. Kondisi ini disebabkan oleh hipoksemia, yaitu kadar oksigen dalam darah dibawah kadar normal.

Nilai normal oksigen dalam darah adalah sekitar 75-100mm Hg, jika kadar oksigen anda dibawah nilai tersebut berarti anda membutuhakan tabung oksigen pribadi atau kordinasikan dengan dokter anda.

Gejala hipoksia:
Untuk gejala yang paling umum di alami adalah sesak nafas di sertai detak jantung yang berdebar debar akibat penyempitan vaskular. Namun dalam beberapa kasus disertai juga batuk, berkeringat, kulit membiru atau pucat, gelisah, serta masalah kesadaran dan emosi.

Penyebab hipoksia:
Hipoksia disebabkan oleh kelainan pada fungsi dan struktur pernapasan dan sirkulasi darah Anda. Beberapa kondisi dapat menyebabkan hipoksia, seperti:
  • Penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Emfisema
  • Bronkitis
  • Edema paru (cairan di paru-paru)
  • Anemia (rendahnya jumlah sel darah merah yang membawa oksigen)
  • Keracunan sianida  
Hipoksia juga diakibatkan dari serangan asma yang parah. Selama serangan asma berlangsung, jalur pernapasan Anda menyempit secara signifikan, membuatnya sangat sulit untuk mendapatkan cukup udara ke dalam paru-paru Anda.
Kadang-kadang, obat yang Anda minum dapat menyebabkan hipoksia, seperti obat nyeri dosis tinggi dan obat lain yang menahan napas.

No comments:

Post a Comment