Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Sabtu, 23 November 2013

disminore

PENGERTIAN NYERI HAID (DISMENORE)

Nyeri haid atau dismenore adalah nyeri yang menyerang/terjadi di perut menjelang atau selama haid. Dalam keadaan yang normal, nyeri haid hanya membuat wanita merasa sakit dan tidak nyaman. Tetapi dalam keadaan yang parah, nyeri haid ini bisa membuat wanita tidak dapat bekerja dan harus beristirahat, nyeri sering bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, perasaan mau pingsan dan lekas marah. Ada 2 jenis nyeri haid atau dismenore ini yaitu nyeri haid (dismenore) primer dan nyeri haid (dismenore) sekunder.

Nyeri haid primer adalah nyeri menstruasi yang terjadi tanpa adanya kelainan ginekologik yang nyata. Nyeri haid primer terjadi beberapa waktu setelah menarke, biasanya sesudah menarke, umumnya sesudah 12 bulan atau lebih. Nyeri haid sekunder dikaitkan dengan penyakit pelvis organik, seperti endometriosis, penyakit radang pelvis, stenosis serviks, neoplasma ovarium atau uterus dan polip uterus. IUD juga dapat merupakan penyebab nyeri haid ini. Nyeri haid sekunder dapat disalahartikan sebagai nyeri haid primer atau dapat rancu dengan komplikasi kehamilan dini, terapi harus ditunjukkan untuk mengobati penyakit dasar.

ETIOLOGI ATAU PENYEBAB NYERI HAID (DISMENORE)
Penyebab pasti nyeri haid primer belum diketahui secara pasti. Diduga factor psikis sangat berperan terhadap timbulnya nyeri. Nyeri haid primer umumnya dijumpai pada wanita dengan siklus haid berovulasi.
Penyebab tersering nyeri haid sekunder adalah endometriosis (radang pada endometrium/rahim) dan infeksi kronik genitalia interna
TANDA DAN GEJALA NYERI HAID (DISMENORE)

1. Pada nyeri haid primer, tanda dan gejalanya adalah :
Terjadi pada usia yang masih relative muda
Timbul setelah terjadinya siklus haid yang teratur
Sering pada nulipara
Nyeri sering terasa sebagai kejang uterus dan spastik
Nyeri timbul mendahului haid dan meningkat pada hari pertama atau kedua haid
Tidak dijumpai keadaan patologi pelvik
Hanya terjadi pada siklus haid yang ovulatorik
Sering memberikan respon terhadap pengobatan medokamentosa
Pemeriksaan pelvik normal
Sering disertai nausea, muntah, diare, kelelahan dan nyeri kepala

2. Pada nyeri haid sekunder, tanda dan gejalanya adalah :
Terjadi pada usia yang relative sudah tua
Cenderung timbul setelah 2 tahun siklus haid teratur
Tidak berhubungan antara siklus dengan paritas
Nyeri sering terasa terus menerus
Nyeri dimulai saat haid dan meningkat bersamaan dengan keluarnya darah
Berhubungan dengan kelainan pelvik
Tidak berhubungan dengan adanya ovulasi
Seringkali memerlukan tindakan operatif
Terdapat kelainan pelvic

PATOFISIOLOGI/JALAN PENYAKIT NYERI HAID (DISMENORE)
Dismenore (nyeri haid) pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami di dalam tubuh saat ovulasi, yang menyebabkan rasa sakit. Dismenore (nyeri haid) kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar. Dismenore kedua ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya. Kelainan reproduksi, endometriosis, atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit, dan satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya secara pasti adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Gejala nyeri haid termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul. Kelainan menstruasi ini dapat menunjukkan ketidaksuburan.

XAMTHONE DAPAT MENYEMBUHKAN NYERI HAID
Kurangi nyeri saat haid dengan menggunakan obat alami nyeri saat haid xamthone plus. Dikatakan aman karena xamthone plus terbuat dari bahan alami yaitu jus manggis yang tidal ditambah bahan kimia apapun sehinggan tidak akan menimbulkan efek samping. Berbeda halnya dengan menggunakan obat kimia yang bisa saja menyebabkan kerusakan pada organ tubuh lain seperti jantung,ginjal,dan lainnya.

Obat alami nyeri saat haid jus manggis xamthone plus terbuat dari ekstrak kulit manggis. Manggis mengandung senyawa Xanthone. Xanthone merupakan sekumpulan molekul biologi yang sangat aktif di dalam kulit (pericarp) buah manggis yang berwarna ungu. Struktur berbentuk cincin segi enam dengan ikatan karbon kembar untuk memberi kestabilan kepadanya. Lebih 200 Xanthone terdapat di alam, dimana 40 Xanthone terdapat dalam buah manggis, terutama dibagian kulit (pericarp) buah manggis.

Fungsi xanthones adalah menjelajah seluruh tubuh, menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya. Sudah terbukti bahwa XAMthone plus dapat mengurangi nyeri haid. Banyak orang yang merasakan khasiat dari obat herbal XAMthone plus terutama dalam mengatasi nyeri haid. Sudah di jelaskan dalam kandungan XAMthone plus terdapat zat yang dapat mengatasi rasa nyeri haid. Untuk itu segera atasi nyeri haid dengan menggunakan obat nyeri haid alami dengan obat herbal jus kulit manggis xamthone plus