Standart Operasional Prosedur, info, cara, dan seputar materi keperawatan, medis dan otomotif. . .terima kasih atas kunjungannya,kembali lagi lain waktu dan juga jangan lupa di bookmarks di browser kalian.

Sabtu, 11 November 2017

Apa itu bitcoin hard fork ?

Didha blog - mungkin dari kalian banyak yang belum tau, apa sih btc sewgit2x hard fork ? Ya mari kita akan bahas apa itu btc hardfork. Seperti yang di jelaskan bitcoin.co.id hardfork adalah
Apakah akhir-akhir ini Anda merasa transaksi Bitcoin lama sekali untuk mendapatkan 1 konfirmasi? Anda sudah memberikan miner fee standar yang tergolong tinggi, yaitu 0.0005 BTC dalam transaksi Anda. Seharusnya, transaksi Anda akan mendapatkan 1 konfirmasi dalam waktu 10-30 menit. Tapi kini 1 jam telah berlalu, dan transaksi Bitcoin Anda belum juga dikonfirmasi oleh jaringan Blockchain. Mengapa hal ini bisa terjadi?
Anda pasti tahu betapa banyaknya transaksi Bitcoin yang terjadi akhir-akhir ini. Pada pertengahan 2009, hanya ada sekitar 100 transaksi Bitcoin yang diproses perharinya. Dari chart bisa Anda lihat betapa pesatnya kenaikan jumlah transaksi dari tahun ke tahun. Pada tanggal 2 Maret 2017, jumlah transaksi Bitcoin bahkan menyentuh angka 329,428 dalam 1 hari. Tapi apa masalahnya?
Masalahnya adalah 1 blok, yang munculnya setiap 10 menit sekali, hanya bisa menampung transaksi-transaksi Bitcoin hingga 1 MB, yang berarti hanya ada sekitar 3 transaksi yang bisa diproses tiap detiknya. Bila kita hitung, berarti dalam waktu 10 menit hingga blok berikutnya tercipta, ada 1,800 transaksi yang bisa diproses. Tapi perlu diingat belum tentu dalam satu blok benar-benar bisa memuat 1,800 transaksi. Terkadang satu blok memuat jumlah transaksi yang lebih sedikit karena kapasitas setiap data transaksi yang dimasukkan ke dalam blok lebih besar dari rata-rata. Jadi mungkin saja, satu blok hanya bisa memuat 1,500 transaksi, bukannya 1,800 transaksi.
Saat ini, setiap 10 menit ada sekitar 2,300 transaksi yang mengantri untuk diproses. Berhubung satu blok hanya bisa memuat 1,800 transaksi, berarti ada 500 transaksi yang masih mengantri untuk dimasukkan ke blok selanjutnya demi mendapatkan 1 konfirmasi. Ketika blok berikutnya muncul, jumlah transaksi yang mengantri sudah 3,000 transaksi dan blok baru tersebut hanya bisa menampung 1,800 transaksi. Berarti sekarang ada 1,200 transaksi yang mengantri dan begitu seterusnya. Transaksi yang akan diprioritaskan untuk masuk ke blok adalah transaksi yang miner feenya tinggi. Jadi bila transaksi Bitcoin Anda memiliki miner fee 0.0005 BTC, sedangkan 1,000 transaksi lain miner feenya mencapai 0.0009 BTC, maka Anda akan menunggu hingga berjam-jam sampai transaksi Anda terproses dan dimasukkan ke blok.